Langsung ke konten utama

Secangkir Kopi, Antara Inspirasi & Maag







Bagi Anda yang mempunyai riwayat sakit maag, secangkir kopi mungkin saja menimbulkan masalah. Namun bagi Anda yang tidak bisa jauh-jauh dari kopi, tidak minum kopi berarti sulit berkonsentrasi dan sulit mendapatkan inspirasi.

Kandungan pada kopi yang dapat memicu sakit maag adalah asam dan kafein. Kandungan kedua zat tersebut berbeda-beda pada setiap jenis kopi.

Jadi bagi Anda penikmat kopi, kondisi di atas tidak perlu menjadi dilema jika Anda tahu cara minum kopi dan memilih jenis kopi yang tepat.
Untuk lebih memperkaya pengetahuan, agar kita bisa memilih jenis kopi yang enak sekaligus aman, berikut adalah jenis kopi, ciri dan cara penyajiannya:

  1. Kopi arabika (arabica coffee)
    • Ciri khas kopi arabika:
      • Aromanya wangi sedap mirip campuran bunga dan buah.
      • Memiliki rasa asam yang tidak terdapat pada kopi jenis robusta.
      • Memiliki bodi kental serta rasa yang terkenal pahit.
      • Walaupun cita rasa dan aroma kopi arabika lebih tajam dan menggigit, ternyata kadar kafein kopi robusta dua kali lebih tinggi daripada kadar kafein kopi arabika.
    • Indonesia merupakan penghasil kopi arabika terbaik di dunia, walaupun bukan penghasil Arabica terbesar di dunia.
  2. Kopi Robusta
    • Ciri khas kopi robusta:
      • Memiliki rasa yang lebih seperti coklat.
      • Aroma yang dihasilkan khas dan manis, lebih mild daripada kopi arabika.
    • Indonesia termasuk salah satu negara penghasil kopi robusta terpenting di dunia.
  3. Kopi liberica (african coffee).
    • Kopi liberica yang disebut sebagai “best of the best” dari segala kopi di dunia. Selain ditemukan di hutan Liberia dan Pantai Gading, juga ditemukan di hutan pedalaman Kalimantan serta sudah berabad lamanya menjadi minuman tradisional suku Dayak.
  4. Kopi luwak
    • Merupakan kopi yang berasal dari biji kopi arabika atau robusta yang dimakan oleh luwak, kemudian mengalami fermentasi enzim di dalam perut luwak dan keluar bersama kotoran luwak.
    • Kopi luwak sangat istimewa karena luwak hanya mencari buah kopi dengan nilai kematangan tertinggi. Dari satu pohon kopi, hanya 1-2 butir buah yang terpilih untuk dimakan.
    • Kopi luwak merupakan kopi paling eksotik dan langka di dunia.
Untuk menyajikan secangkir kopi, ada beberapa cara, namun yang paling terkenal adalah;

  1. Memasukkan biji kopi dengan atau tanpa campuran gula dan rempah-rempah ke dalam panci lalu direbus.
  2. Menuangkan air mendidih ke dalam gelas yang sudah berisi bubuk kopi atau disebut kopi tubruk, lalu dibiarkan beberapa lama agar terbentuk ekstrak kopi. Salah satu kekhasan teknik tubruk adalah waktu ekstraksi kopi lebih lama, selama suhu air mampu mengekstraksikan bubuk biji kopi dan/atau waktu kita menghabiskan kopinya. Karena hal itulah mengapa kadar kafein dari kopi tubruk lebih tinggi daripada espresso.
Bagi Anda yang kuatir terserang maag namun ingin tetap bisa menikmati kelezatan dan inspirasi dari secangkir kopi, berikut beberapa tipsnya:

  1. Jangan minum kopi saat perut Anda kosong.
  2. Minum kopi dingin lebih aman daripada kopi panas, karena endapan serbuk kopi akan turun ke bawah, sehingga Anda tidak mengonsumsi ampasnya.
  3. Imbangi dengan minum air putih cukup banyak.
  4. Mengonsumsi sedikit makanan ringan sambil menemani Anda saat menikmati kopi.
  5. Ada dapat memilih kopi yang sudah diracik dengan krimer atau bahan herbal (misalnya ginseng) yang relatif rendah kadar kafeinnya.
Jadi tidak ada halangan bagi Anda untuk menikmati kehangatan secangkir kopi bukan? Apalagi sudah banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat kopi bagi kesehatan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ragam Manfaat Kopi, Bukan Sekedar Penghilang Kantuk

Selain mengandung cafein, ternyata kopi ternyata mengandung banyak senyawa, di antaranya antioksidan dari 100 jenis bahan makanan. Wow... artinya kopi menduduki urutan pertama sebagai sumber antioksidan, baik dalam ukuran persaji maupun dalam frekuensi konsumsi. Beberapa penelitian ilmiah membuktikan, kalau manfaat kopi bukan sekedar penghilang kantuk, karena memiliki manfaat kesehatan lainnya: Menurunkan risiko serangan stroke hingga 80%, seperti hasil penelitian yang dilaporkan oleh tim dari University of Houston, Texas. Penelitian dilakukan pada warga Irlandia yang suka minum kopi dengan campuran whisky. Meningkatkan libido seksual pria. Menurunkan risiko kanker, senyawa yang ditemukan di dalam kopi dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA. Menjelang masa menopause, wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 38% (The Journal of Nutrition). Melindungi gigi, kafein dalam kopi memiliki kemampuan antibakter

Tips Minum Kopi Yang Sehat

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak penggemarnya. Selain rasanya yang nikmat, kopi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sayang, pengolahan dan cara menikmati kopi yang kurang tepat dapat membuat kopi menjadi tidak menyehatkan. Berikut tips minum kopi yang sehat: Perhatikan dosis, 300 mg kafein (antara 1-3 cangkir kopi sehari) bermanfaat untuk mengatasi beberapa keluhan penyakit. Menambahkan pelengkap yang bermanfaat: Bubuk kayu manis, yang selain menambah citarasa, juga dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol dan trigliserida. Bubuk kakao, yang selain memberikan rasa berbeda juga sarat antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Susu, yang memberikan rasa nikmat juga merupakan sumber kalsium. Saringlah kopi dengan kertas filter untuk mengurangi kadar diterpens pada kopi yang meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Perlu diperhatikan: Jangan menambahkan terlalu banyak gula atau pemanis buatan, yang dapat mengurangi

Bukan Hanya Makanan Manis, Ini Juga Bisa Meningkatkan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, banyak faktor yang bisa mempengaruhi kadar gula darah. Tak hanya makanan dan minuman tinggi gula lho! Sangat penting bagi penderita diabetes, atau keluarga terdekat untuk tahu dan kemudian berhati-hati. Berikut hal-hal yang bisa meningkatkan kadar gula darah: Makanan “Bebas” Gula Banyak jenis makanan yang dinyatakan bebas gula tetapi bisa meningkatkan kadar gula darah. Kenapa bisa? Karena makanan-makanan tersebut masih mengandung karbohidrat. Cek jumlah karbohidrat suatu makanan dari label kemasan yang menunjukkan fakta-fakta nutrisinya. Gula alkohol seperti  sorbitol  dan  xylitol  juga perlu diwaspadai. Gula tersebut memang memberikan rasa manis dengan kadar karbohidrat yang lebih rendah ketimbang gula. Namun, jenis gula tersebut tetap bisa meningkatkan kadar gula darah. Kafein Tahukah kamu?  Kadar gula darah bisa meningkat setelah minum kopi .  Bahkan, kopi hitam sekalipun yang tidak mengandung kalori, bisa meningkatkan gula darah karena kandung